PEREMPUAN INI

PEREMPUAN INI

PEREMPUAN INI

Perempuan adalah ia makhluk yang berhati lembut, cerdas berfikir, sistematis, multi tasking, dan cakap bersikap.

Namun, acap kali masih saja ada perempuan yang mengakui KE -AKU-AN-NYA. Meminta hak mereka berazaskan “emansipasi wanita”, katanya.
Di balik itu, untuk hal-hal tertentu dia masih saja mengatakan “aku kan perempuan, masa harus kerja ngangkat yang berat-berat?!”

Kau fikir, emansipasi itu apa?
Bagi ku, itu bukan semacam puzzle yang ketika tak cocok dengan diri mu lantas kau bongkar pasang hingga menampilkan gambaran yang seharusnya sesuai platform mu!

Bukan itu maknanya.
Bagi ku perempuan adalah dia yang memiliki otak dan watak. Tidak sekedar cantik dan menarik. Tidak pula sekuat aktif dan komunikatif.

Dimana otak mu?
Ketika kau harus membagi kepentingan rumah dan karir.
Yang mana watak mu?
Ketika kau harus adil memenuhi hak dan kewajiban mu.

Perempuan bukan sekedar emansipasi, melainkan partisipasi. Tapi faktanya, masih ada saja mereka yang mengatasnamakan emansipasi, namun mengorbankan anak dan suami.

Lantas, masihkah aku pantas mengatakan kau KARTINI HARI INI? Bahkan beliau berjuang lebih dari memperjuangkan hak pendidikan kaum perempuan saja, melainkan beliau juga sadar ada hak keluarga yang wajib dipenuhi.

Emansipasi lagi-lagi bukan soal partisipasi, melainkan bagaimana kau, PEREMPUAN. Tahu menempatkan hak dan kewajiban mu. Memanusiakan ke-PEREMPUAN-an mu bukan sekedar menuntut pemerataan status.

Karena perempuan, akan selamanya perempuan. Kita mengasuh, mengasih, dan mengasah. Generasi bangsa, tumbuh dari pribadi kita. Jangan kau gagalkan mimpi Ibu Pertiwi hanya karena ego mu! Kita punya kewajiban melahirkan generasi-generasi baru dari rahim ini. Itulah hak bangsa kita yang harus dipenuhi.

Lalu, apa jadinya perempuan tanpa generasi?
Ingat itu ya, pakai otak mu!
Lanjutkan generasi yang berwatak, wahai perempuan masa kini.

 

 

Video by : Muhammad Fauzy Chaniago
Latar : Tiga Roda Cafe
Event : Launching Buku PEREMPUAN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *