Sosial Media, Cara Kreatif Bersosialisasi

Dalam hidup kita selalu melakukan interaksi. Mulai dari bangun hingga istirahat kembali. Aktifitas satu ini tidak akan pernah kita lewatkan. Berinteraksi berarti kita telah melakukan proses komunikasi, seperti ngobrol, tatap muka, kontak fisik, dan juga membaca.

Manusia adalah makhluk sosial, mereka tidak akan pernah lepas dari kehidupan sosialnya. Meskipun menurut sebagian orang menarik diri dari dunia sosial itu lebih menyenangkan. Tapi percaya deh, mereka akan tetap membutuhkan aktifitas lain di luar diri mereka.

Apa iya seperti itu? Pertanyaan ini akan timbul ketika kamu merasa tidak sejalan dengan statement ini. “Teman saya ada kok yang betah seharian ngabisin waktunya di kamar tanpa melakukan aktifitas di luar”, ungkap seorang mahasiswa. Tanggapan berikutnya, “Apa iya kamu tahu aktifitas apa yang sedang dia lakukan di dalam kamar?”. Kemudian dia menjawab,”Yah, kurang tahu sih. Tapi kan berarti dia menarik diri untuk bersosialisasi toh?”.

Ini menjadi suatu pertanyaan yang besar mungkin bagi kamu. Tapi tidak bagi artikel ini. Yuk baca artikel ini, semoga bisa nambah manfaat bagi kamu yang memilih lebih banyak untuk beraktifitas di rumah ataupun di kamar.

 

Interaksi Sosial : Aktifitas Di Rumah & Kamar Bisa Jadi Pilihan Baru

Membaca, ini adalah pilihan pertama yang bisa kamu lakukan di dalam kamar. Bukan berarti kamu di kamar tidak memiliki interaksi dengan dunia luar. Nah, dengan kamu banyak membaca berarti kamu telah membuka jendela komunikasi bagi diri kamu, para pembaca menyebut ini dengan komunikasi internal. Menulis, ini adalah pilihan lain yang bisa juga kamu lakukan di dalam kamar. Dengan menulis berarti kamu melakukan aktifitas berbagi informasi, dan ini tergolong dalam komunikasi. Para penulis menyebut ini dengan komunikasi monolog.

Kemudian timbul lagi pertanyaan, “Terus dimana sisi interaksi sosialnya?”.
Perkembangan zaman telah menggerus makna dari interaksi sosial itu sendiri. Jika dahulu interaksi sosial kita kenal dengan adanya proses tatap muka yang meilbatkan aktifitas kontak fisik. Maka saat ini interaksi sosial bisa dilakukan hanya sebatas layar datar di dalam kamar kamu. Yah, inilah fakta pada saat ini. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segalanya bisa saja terjadi.

Sosial Media seperti facebook, twitter, blog, youtube, dan lainnya, menjadi alternatif komunikasi yang paling digemari saat ini. Interaksi ini menjadi pilihan utama bahkan menjadi kebutuhan pada saat ini, khususnya kalangan remaja. Jadi tidak heran jika saat ini banyak anak remaja memilih untuk berkomunikasi via online daripada offline. Apakah ini mematahkan statement di atas yang mengatakan bahwa aktifitas di dalam kamar itu tidak menciptakan interaksi sosial? Jawabnya, ‘tentu tidak’ untuk saat ini. Karena melalui sosial media kita bisa berkomunikasi selayaknya interaksi langsung di dunia nyata. Bahkan kita bisa menjangkau dunia dengan Sosial Media.
Nah, ini berarti bagi kamu yang memilih aktifitas di rumah ataupun di kamar adalah hal yang menyenangkan daripada harus bepergian keluar rumah. Yuk, manfaatin Sosial Media sebagai tempat kamu menuangkan aktifitas dan kreatifitas yang kamu miliki.

Bagaimana sih cara mengoptimalkannya? Ini tipsnya:

1. Buka gadget kamu, mulai dari baca-baca hal yang ringan seputar aktifitas teman-teman kamu ataupun dari beberapa akun yang menurut kamu informatif.
2. Aktif sharing info-info yang kamu dapatkan dari beberapa teman ataupun beberapa blog yang kamu baca. Bisa juga menceritakan aktifitas sehari-hari kamu, tapi hindari hal-hal galau ya.
3. Mulai untuk mencoba menulis hal-hal yang ringan seputar yang kamu baca. Yah, semacam mengintegrasikan antara informasi yang kamu dapatkan dari teman dan yang kamu baca dari blog.
4. Setelah kamu mulai terbiasa menulis, coba deh untuk buat blog sendiri supaya kamu lebih terlatih dan tertantang untuk menulis lebih baik lagi. Kenapa? Karena blog memiliki kolom komentar yang bisa menjadi feedback atas tulisan yang kamu share.
5. Rajin untuk share link tulisan kamu di media twitter dan facebook. Jangan lupa untuk nge-mention atau tag ke beberapa akun yang menurut kamu bisa efektif untuk mempromosikan tulisan kamu.
Ternyata aktifitas di rumah ataupun di kamar tidak membatasi interaksi sosial kamu kan? Jadi bagi kamu yang kurang pede-an, pilih deh aktifitas ini untuk menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas kamu. Bagaimana bagi kamu yang tidak jago nulis? Tenang, mulai dengan poin 1 – 3, lalu lihat manfaatnya pada diri kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *