Tips & Trik Kuliah Menjadi Menarik

Mungkin bagi sebagian besar orang kuliah adalah hal yang menyenangkan, tapi bagi sebagian lainnya aktifitas ini membosankan. Karena hanya sebatas datang ke kampus, belajar, ketemu kawan dan main-main. Atau hanya sekedar ngisi absen saja? Oh no! Iya sih, kalau difikir-fikir kegiatan kampus itu sangat dominan. Hampir setiap hari kamu akan melakukan hal yang sama secara berulang. Hm, itu kan menurut kamu yang belum tahu bagaimana membuat aktifitas kampus justru lebih menarik dari sekedar belajar, ngumpul, dan main bareng teman-teman.

Tips & Trik Kuliah

Tahu enggak sih? Kalau kebanyakan main juga bisa menghambat kamu untuk cepat tamat. “Bukan lama tamat, hanya saja aku cinta sama kampus,” begitu pembenaran beberapa anak kampus masa kini. Padahal sebenarnya mereka sudah menjadi ‘mahasiswa abadi’. Ups! Jangan sampai deh.. Lama tamat karena terkendala skripsi sih enggak apa-apa, asal bukan karena duplikat tadi ya.. Sebenarnya apa sih yang ngebuat kamu bisa jadi ‘mahasiswa abadi’? Hm, apa karena salah jurusan kuliah? Kampus yang kurang menarik? Momok akan skripsi? Nah, jika ini salah satu penyebab kendala kamu dalam dunia perkuliahan. Yuk baca beberapa tips dan trik berikut ini.

Ada beberapa tips dan trik agar dunia perkuliahan menjadi menarik dan pastinya kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu, yah minimal tidak terlalu telat. Berikut tips dan triknya:

Pilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Cita-cita 

Nah, kenali benar-benar deh apa yang jadi keahlianmu. Tujuannya supaya kamu enggak salah pilih jurusan. Kalau kamu sudah tahu, coba untuk merinci jurusan kuliah apa saja yang sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Ini akan memudahkan kamu untuk membuat skala prioritas jurusan pilihanmu.

Memilih Aktifitas Ekstrakulikuler

Coba untuk memilih kegiatan di luar aktifitas kampus. Kamu bisa memilih beberapa pilihan seperti organisasi atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus atau di luar kampus. Ini bertujuan agar aktifitas belajar kamu lebih menarik. Pilih ekstrakulikuler yang juga bisa mendukung proses belajar kamu di kampus. Jadi ketika ada tugas-tugas kampus, kamu bisa menggunakan kegiatan ekstrakulikuler sebagai bala bantuan dalam penyelesaiannya. Atau sebaliknya, ketika kamu mendapatkan ilmu dari kampus maka kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam aktifitas ekstrakulikuler.

Berpartisipasi dalam Kompetisi

Rajin-rajin untuk ngulik-ngulik informasi di majalah dinding kampus ataupun internet. Mana tahu ada informasi kompetisi yang bisa kamu ikuti. Tujuannya agar kamu tertantang dalam mengasah sejauh mana potensi yang kamu miliki. Tapi selektif ya memilih kompetisi yang akan kamu apply, sebab belum tentu kompetisi itu mendukung akademisi kamu.

Membuat Kelompok Diskusi

Kalau kamu menyadari mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan dosen pada saat kuliah berlangsung, kamu harus mencoba kiat ini. Tujuannya, kamu bisa mendapat bala bantuan dari teman-teman yang mungkin lebih kosentrasi dan aktif dalam perkuliahan. Kalian bisa saling tukar pendapat, informasi, dan catatan. Karena setiap orang akan berbeda dalam proses menerima informasi selama kuliah. Nah, dengan adanya kelompok diskusi, ini akan memudahkan kamu dan teman-teman untuk memperkaya informasi yang telah didapat selama perkuliahan.

Bermasalah di Skripsi

Hm, sepertinya alasan ini yang paling banyak dialami para mahasiswa.  Sebenarnya skripsi itu bukan hal yang harus ditakuti. Buktinya sudah banyak mahasiswa yang mampu melewatinya, itu pertanda skripsi sebenarnya bisa kita selesaikan. Mungkin kiat yang kamu gunakan dalam proses penyelesaiannya kurang tepat. Sebagian besar mahasiswa mengakui skripsi itu sulit karena bingung mau nulis apa, kendala birokrasi, problem lapangan, problem menulis, yang paling dasar karena problem semangat atau motivasi. Nah, jangan biarkan kamu larut dalam kesulitan ini. Ada beberapa cara yang akan memudahkan kamu dalam proses menyelesaikan skripsi, berikut tahapnya:

  • Sadari terlebih dahulu bahwa menulis skripsi tidak semata-mata problem akademis, tetapi juga problem birokrasi. Oleh karenanya, siapkan mental untuk menghadapi kedua hal tersebut.
  • Ketahui dan pahami persyaratan administrasinya, misalnya alur pengerjaan skripsi dan dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Tulislah tema yang dapat ditulis, bukan yang ingin ditulis. Baik tidaknya skripsi tidak ditentukan oleh kesulitan tema yang ditulis, tetapi lebih kepada kemampuan menyajikannya dalam bentuk tulisan.
  • Carilah masalah terlebih dahulu (lapangan/objek penelitian) yang akan ditulis, bukan judul penelitian. Judul penelitian akan mudah dibuat jika sudah memiliki tema yang akan ditulis.
  • Sebelum mengumpulkan data, buatlah daftar isi sementara dari skripsi yang akan kamu tulis.
  • Kenali dan pahami karakater dosen pembimbing kamu.
  • Kurang membiasakan diri tergantung dengan pertolongan teman, agar kamu terbiasa untuk mandiri.
  • Jangan lupa untuk senantiasa berdoa.

Tips & Trik Kuliah

Persiapkanlah masa depan kamu mulai dari sekarang karena pada intinya kamu kuliah juga karena ingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Jadikan juga dunia perkuliahan kamu sebagai lahan mengasah prestasi. Jangan sampai kamu kuliah karena paksaan atau hanya karena ikut-ikutan teman. Semoga tips dan trik di atas bisa memberikan solusi atas dunia perkuliahan kamu yang kurang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *