Tips & Trik Mencoblos Calon Pemimpin

Manusia ada yang terlahir menjadi seorang pemimpin, namun ada pula yang dibentuk menjadi seorang pemimpin. Itu berarti setiap dari diri individu memiliki jiwa kepemimpinan, baik memimpin dirinya sendiri ataupun orang lain.

Pemimpin

Memiliki pemimpin yang teladan adalah impian seluruh masyarakat, begitu pula di Indonesia. Negara kita ini rindu akan sosok pemimpin yang bijaksana dan cerdas dalam menyikapi dan bertindak atas isu-isu yang berkembang di Indonesia saat ini. terlebih lagi semakin maraknya angka kemiskinan saat ini, yang mana menyebabkan angka kematian bayi meningkat, krisis kesehatan, minimnya pendidikan, tingginya tingkat kriminalitas. Hal ini menjadikan bangsa kita semakin terpuruk, meskipun sudah dianggap sebagai negara berkembang saat ini.

Ini menjadi sebuah pertanyaan bagi kita,”Apakah rakyat salah memilih pemimpin? Seperti apa sih idealnya seorang pemimpin?” Berikut akan dipaparkan seperti apa idealnya seorang pemimpin dan kiat kita dalam memilih, agar tidak salah pilih.

Sederhananya pemimpin bijaksana adalah dia yang memiliki kemampuan menjelajahi hati para pengikutnya. Hal ini ditandai dari bagaimana ia memimpin, yang apabila makin menempati posisi-posisi tinggi, maka semakin tinggi pula kearifannya. Pemimpin seperti ini akan mampu membangkitkan kesadaran banyak orang yang dipimpinnya, sehingga banyak orang tertarik akan kepemimpinannya.

Adapun beberapa kriteria pemimpin yang ideal untuk dipilih, diantaranya:

  1. Memiliki visi – misi yang jelas dan tidak mudah menyerah.
  2. Memiliki kemampuan untuk beradaptasi.
  3. Memiliki kemampuan untuk bekerja sama/melibatkan orang lain untuk mencapai visi.
  4. Menjadi panutan moral dan suri tauladan.
  5. Memiliki 12 (dua belas) prinsip, yaitu keteladan, terus belajar, motivator, berorientasi pada pelayanan, memberi energi positif, mempercayai orang lain, hidup seimbang, mau bersinergi, kemauan berlatih untuk memperbaharui diri, menjadi fasilitator, pengemban amanah, dan berpegang pada keimanan.

Dengan kita mengetahui seperti apa sih idealnya seorang pemimpin, ini akan memudahkan kita dalam melakukan pemilihan ketika Pemilihan Umum (Pemilu) diselenggarakan nanti. Apa sih kiat agar kita tidak salah dalam memilih? Ada banyak penyebab seseorang malas berpartisipasi dalam pemilu, alias golput (golongan putih) atau tidak mencoblos. Hal ini dikarenakan mereka belum memiliki pengetahuan akan idealnya seorang pemimpin itu seperti apa.

Pemilu

Nah penjelasan di atas sudah memaparkan bahwa ada 5 (lima) kriteria idealnya seorang pemimpin. Sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana sih kiat supaya tidak salah coblos.

  1. Kenali calonnya : siapapun yang menjadi kandidat, kita harus mencari tahu histori mereka. Jangan hanya satu kandidat saja yang diketahui, sebab bukan alasan karena kita sudah menyukai kandidat tersebut maka kita hanya fokus kepadanya, itu tidak benar. Carilah informasi tentang semua kandidat, siapa tahu ada kandidat lain yang lebih ideal daripada kandidat favorit kamu.
  2. Cari tahu kelebihan dan kekurangan setiap kandidat : setelah kita sudah mengetahui histori mereka, nah saatnya memilah hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan mereka. Ini akan memudahkan kita untuk mengeliminasi pilihan.
  3. Cari tahu siapa yang menjadi tim suksesnya : ha ini perlu dilakukan dengan tujuan agar kita tahu siapa motor dari setir negara ini. Sebab pemimpin kita tidak akan bekerja sendiri dalam mengemban tugasnya. Ketika tim suksesnya terdiri dari orang-orang yang bijaksana, maka disaat dia memimpin nanti juga akan memilih orang-orang yang bijaksana dalam parlemen kepemimpinannya.
  4. Pilih sesuai selera : ketika kita sudah melakukan tiga hal di atas, maka saatnya menentukan seperti apa pimpinan dambaan kamu. Apakah seorang yang memiliki karakter transformasional, transaksional, otoritarian, dan sebagainya.
  5. Tidak latah dalam mencoblos : pastikan calon pemimpin pilihan kita bukan karena ikut-ikutan atau latah. Apabila hal ini terjadi, maka jangan pernah menyalahkan pemimpin terpilih nantinya, sebab kita yang sudah salah dalam menentukan pilihan.

 

Pemilu 2014

Itu tadi beberapa tips dan trik agar di pemilu mendatang kita tidak salah dalam memilih. Mari rayakan Pesta Pemilu 2014 dan pastikan pilihan kita tepat coblosan ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *