XL Dukung Peran Ekonomi Digital

Bercerita tentang digital berarti kita sedang membahas kebutuhan sekunder masyarakat pada masa kini. Hal ini tampak dari semakin meningkatnya konsumen dalam membeli smartphone hingga akhir tahun 2015 kemarin. Menurut laporan Strategy Analytics, penjualan smartphone di seluruh dunia meningkat hingga 21 persen per tahun, dengan total mencapai 345 juta. Angka tersebut naik dari tahun sebelumnya yakni, 285 juta di kuartal pertama 2014 lalu.

XL Dukung Peran Ekonomi Digital

XL Dukung Peran Ekonomi Digital

Bisa disimpulkan ini berarti masyarakat Indonesia sudah ketergantungan akan kebutuhan yang serba digital. Mungkin kita akan bertanya, kenapa sebegitu cepatnya perubahan teknologi turut merubah gaya hidup masyarakat yang konsumtif?

Sangatlah sederhana jawabannya, budaya latah. Sama halnya seperti budaya K-Pop yang begitu menjamur di Indonesia pada tahun 2013 silam. Pasar Indonesia yang sangat potensial dari segi budaya latahnya, membuat para produsen gadget berlomba-lomba menginovasikan produknya.

Maka, seiring dengan itu perkembangan digital pun secara pesat terus mengalami perkembangan. Dampaknya, masyarakat juga dengan sendirinya merasakan kelebihan dari kecanggihan gadget sejenis smartphone yang selalu menawarkan kemudahan mengakses informasi dalam genggaman.

Jika dahulu kita masih menenteng laptop dan mengantongi flashdisk kemana-mana, namun kini itu semua sudah sangat langka terlihat. Keunggulan smartphone  menyederhanakan segalanya, tidak hanya dari aspek kemudahan dalam mengakses informasi. Melainkan, meminimaliskan segala macam fungsi dan peran laptop dan alat penyimpan data. Ya, semua dalam genggaman selular.

Fenomena ini tidak hanya membuat para produsen berinovasi dalam hal teknologi saja, melainkan juga dalam hal komunikasi dan informasi. Secara otomatis, beragam aplikasi dari smartphone pun berkembang dengan pesat, seperti aplikasi whatsapp, Line, BBM, Photo Editor, Video Editor, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Polaris Office, Google Maps, Play Book, Translator, dan masih banyak aplikasi lainnya. Sehingga ini membuat para konsumen candu akan kebutuhan digital dalam aktifitas sehari-harinya.

Kondisi Video Conference di XL Regional Medan

Kondisi Video Conference di XL Regional Medan

Jadi, tidaklah heran jika sudah banyak para pelaku bisnis yang beralih memanfaatkan kecanggihan digital sebagai media promosi dari produk mereka. Di samping murah secara budget, juga lebih efektif dan efesien. Hal ini bisa kamu ulik tips dan triknya dalam artikel saya,  Teknologi Komunikasi Solusi Bagi UMKM.

Dalam artikel saya tersebut, jelas bahwa perkembangan Ekonomi Digital sudah sangat pesat lima tahun belakangan ini. Sudah tidak bisa dipungkiri, sangat banyak startup yang memanfaatkan media digital sebagai alat distribusi produknya. Hal ini juga mengundang begitu banyak perusahaan besar yang mulai memanfaatkan media digital sebagai motor penggerak usaha mereka.

Apa itu ekonomi digital? Ekonomi Digital adalah suatu hal yang kompleks dan merupakan fenomena yang baru muncul terkait dengan aspek-aspek ekonomi mikro, ekonomi makro, dan teori organisasi dan administrasi. Keberadaannya ditandai dengan semakin maraknya perkembangan bisnis ataupun transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi antara perusahaan ataupun antar individu.

Seperti apa sih bentuk Ekonomi Digital itu? Beberapa contoh ekonomi digital seperti industry TIK, e-commerce antar perusahaan dan individu, distribusi digital barang dan jasa, SMS Banking, e-banking, real time gross settlement (RTGS), cyber marketing, cyber branding, dan lain sebagainya.

Namun, tidak hanya para pelaku bisnis saja, bahkan komunitas pun juga turut memanfaatkan kemajuan ini, baik dari segi menarik massa ataupun publikasi pergerakan mereka. Dan sudah banyak contoh pergerakan komunitas yang berhasil dari pemanfaatan digital, seperti @IDberkebun, @Blood4LifeID, @KOPHI_, @TurunTangan, @onedayonejuz, @IndonesiaBerkibar, Kitabisa.com, Change.org dan lain sebagainya.

Tanpa disadari, tidak hanya pelaku bisnis dan komunitas saja yang memanfaatkan ekonomi digital ini. Kita pun sebagai konsumen juga turut terlibat dalam pemanfaatannya. Ya, semacam personal branding pun juga termasuk dalam golongan cyber branding. Jadi, tak heran jika saya mengatakan kalau peran digital sudah hampir mendarah daging di masyarakat kita. Mungkin sudah pada tahap candu, atau dengan kata lain ketergantungan.

Potensi inilah yang dibaca oleh pihak PT XL Axiata Tbk dalam mengembangkan lagi keberadaan digital sebagai media yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, hari ini tanggal 20 Januari 2016, XL Regional Medan mengundang saya dan beberapa rekan media serta blogger untuk menghadiri “REUNION PLUS, Media Online Gathering By Video Conference.”

XL Dukung Peran Ekonomi Digital

Dalam pertemuan yang dihadiri para rekan media dari empat kota, diantaranya Medan, Palembang, Lampung, dan Pekanbaru ini, Bang Jimmy selaku Corporate Communication XL Northern & Central Sumatera mengatakan bahwa Ekonomi Digital merupakan warna baru bagi dunia online saat ini. Sudah sepatutnya masyarakat peka akan keberadaan ekonomi digital ini, terutama bagi para pelaku bisnis.

XL Dukung Peran Ekonomi Digital

“Sebab, pemanfaatan digital bisa dengan mudah membantu perkembangan dari usaha mereka. Contohnya Windi, dia tergolong startup yang cepat pergerakan usahanya. Dan sampai punya kios pun, itu berkat pemanfaatan ekonomi digital,” papar Bang Jimmy.

Beliau juga menyampaikan kalau tanggal 20 Januari 2016 akan ditetapkan XL sebagai Hari Digital se-Indonesia. Ini dilakukan sebagai bukti bentuk dukungan XL terhadap Ekonomi Digital. Ungkapnya, akan ada agenda rutin yang nantinya diadakan setiap tahun untuk memperingati hari tersebut. “Kegiatannya berupa festival digital gitulah. Yang nantinya akan terus mengajak para pelaku untuk melek digital dan juga tahu perkembangan terkini seputar digital,” tambahnya.

Dalam video conference ini kami sepakat bahwa konten yang akan diusung nantinya harus mengedepankan digital sebagai media yang positif dan efesien dalam menunjang aktifitas masyarakat. Harapannya, masyarakat semakin cerdas berteknologi dan sehat dalam berdigital media. Sehingga, perubahan tidak hanya terjadi pada aspek kesejahteraan masyarakat saja, melainkan juga dari aspek perilaku sehat, hingga pada aspek sosial budaya masyarakat tersebut.

Foto Bersama Rekan Media dan Blogger

Foto Bersama Rekan Media dan Blogger

Demikianlah artikel XL Dukung Peran Ekonomi Digital. Yuk, kita manfaatkan media digital sebagai gerbang menuju Indonesia yang cerdas berteknologi.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *